Review Konten Rumah Belajar Buku Guru - Kelas II - Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat

Buku Guru - Kelas II - Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat

Kontributor Naskah : Purnomosidi, Irene Maria J. Astuti, Marina Novianti, Taufina, dan Faisal.
Penelaah : Lise Chamisijatin, Rizky Rosjanuardi, Ekram Pawiroputro, Tri Hartiti,
Amat Komari, dan Nur Wahyu
Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.


Assalamualaikum wabarakatuh perkenalkan Selamat siang/sore/malam dimanapun anda berada, saya Nizar Anwar dari SD Negeri 2 Jampiroso Temanggung. Pada kesempatan kali ini kita akan review rumah belajar kita akan mengunjungi situs Rumah Belajar langkah pertama kita membuka fitur utama ada beberapa fitur misalnya Home, Category, Contributor, dan Rumah Belajar. Pada kali ini saya akan mencoba mencari sumber belajar kita mencoba mengklik sumber belajar dengan cara mengetik ssesuai dengan kategori yang ada di sini dan memilih sesuai Bidang yang kita ampu.

Kita akan mencoba memilih kategori tematik sesuai dengan jenjang yang saya ajarkan yaitu Tematik SD kelas 2. Konten ini tersedia dalam format PDF dan kita dapat mengunduhnya untuk kemudian kita simpan di dalam gawai kita.

Pertama dalam konten ini memiliki kelebihan sudah tersedianya indikator pada setiap kompetensi dasar dalam setiap muatan mata pelajaran jadi sangat memudakan guru dalam membuat RPP dan mencari materi yang relevan dari sumber lain.

Indikator setiap KD dan tujuan pembelajaran sudah tersedia dan keduanya sudah saling terhubung dengan materi yang akan diajarkan dalam setiap pembelajaran.

Sudah tersedianya contoh penilaian dalam setiap akhir pembelajaran mulai dari penilaian sikap baik spiritual dan sosial, pengetahuan, maupun keterampilan.

Namun disetiap kelebihan ada beberapa hal yang akan saya kritisi tentang kekurangan dari konten yang saya kunjungi:
Pertama konten dalam Rumah Belajar masih menggunakan sumber atau buku lama sebelum revisi 2018, padahal untuk yang revisi 2018 sudah terpublish dan sudah digunakan untuk pembelajaran. sementara dalam konten tersebut masih menggunakan edisi 2014.

Yang kedua untuk sikap sosial masih masuk kedalam setiap muatan mata pelajaran padahal untuk edisi terbaru penilaian dan indikator sikap hanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti untuk sikap spiritual dan muatan PPKn untuk sikap sosial, namun dalam konten ini masuk kedalam semua muatan mapel.

Selanjutnya untuk penilaian masih menggunakan bobot 1-4, kemudian pedoman penskoran pada predikat dan klasifikasi masih format lama dengan ditentukan langsung dari pusat, padahal untuk yang revisi 2018 sudah menggunakan KKM satuan pendidikan untuk penskorannya dan untuk mengklasifikasian predikat dan klasifikasi penskoran.

Demikian review rumah belajar dari saya semoga bermanfaat. Amin.

Sumber Konten Materi ini bisa di klik disini 

Tampilan TTS dan STT bisa di klik disini


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Review Konten Rumah Belajar Buku Guru - Kelas II - Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat"

 
Copyright © 23 Maret 2005 Laci Pak Guru
Back To Top