Review konten Rumah Belajar


Assalamu’alaikum warahmatullahi barakatuh, Salam sejahtera, Om Swastiastu, Namo Budhaya, Salam Kebajikan untuk kita semua. Selamat Pagi, Selamat siang, selamat sore selamat malam bertemu lagi dengan saya Nizar Anwar dari SD Negeri 2 Jampiroso Temanggung peserta Virtual Coordinator Training (VCT) Batch 5 Jawa Tengah
Rumah belajar merupakan salah satu portal yang disediakan oleh pemerintah sebagai layanan pendidikan yang dapat diakses melalui jaringan internet. Rumah Belajar Kemdikbud memiliki berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan misalnya pada fitur utama terdapat sumber belajar, kelas maya, wahana jelajah angkasa, pengembangan profesi berkelanjutan dan masih banyak lagi.


Pada Review kedua kali ini di halaman Rumah Belajar

Pada kesempatan ini saya akan mereview 2 sumber belajar dari 10 sumber belajar yang saya pilih. 10 sumber belajar tersebut antara lain:
Dari Rumah Belajar Kemdikbud
Gagasan Pokok,
Melengkapi Percakapan,
Membaca Nyaring Pengumuman,
Membuat Teks Petunjuk,
Pikiran Pokok,
Wawancara,
Buku Guru - Kelas II - Tema 5,
Buku Guru - Kelas V - Tema 5,
Buku Guru – Kelas 2 - Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat,
Buku Siswa - Kelas V - Tema 4,

Konten Pertama dari halaman Rumah Belajar Kemdikbud, yaitu tentang materi Bahasa Indonesia PikiranPokok kelas empat semester satu.
Konten ini dapat diunduh dan disimpan di computer atau gawai kita dan ukurannya sangat kecil. Konten ini sangat menarik bila disajikan kepada para siswa sebagai bahan belajar secara mandiri. Di sini ada menu utama Sinopsis. Kompetensi. Materi. Latihan. Simulasi. Dan terakhir Tes. Pada masing-masing komponen sudah dijelaskan secara detail baik mengenai materi pikiran pokok secara detail dengan menggunakan animasi yang sangat menarik.

Di menu simulasi juga seperti itu, ada banyak sekali soal-soal yang bisa mengarahkan pemahaman siswa secara terstruktur dan baik sekali. Di menu latihan soal juga seperti itu ada banyak sekali soal-soal tentang materi pikiran pokok untuk melatih dan mengasah pemahaman siswa. Begitu juga dengan menu tes.

Adapun review saya mengenai konten ini adalah mayoritas soal yang di tampilkan adalah soal-soal yang tekstual, sehingga kurangnya koleksi soal yang kontekstual soal-soal yang berhubungan langsung dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa. Alangkah baiknya bila masing-masing sub materi yang di tampilkan selalu disisipkan soal-soal yang kontekstual. Begitu juga dengan soal HOTS, perlu disisipkan pula di konten ini soal-soal yang High Order Thinking Skill. Karena soal HOTS ini untuk melatih penalaran para siswa untuk berpikir tingkat tinggi bukan hanya soal-soal pada level pemahaman dan aplikasi. Kemudian untuk mengerjakan soal harus mengisi soal awal sebelum masuk ke soal berikutnya. Kemudian konten ini hanya dapat dijalankan dengan computer yang sudah terinstal flash player, ketika didownload hanya menyediakan file dalam bentuk RAR dan sangat sulit dijalankan ketika diunduh di gawai.

Demikian review pertama saya tentang konten dari rumah belajar semoga bermanfaat untuk semua. Terima kasih.

Sumber Konten Materi ini bisa di klik disini 
Tampilan TTS dan STT bisa di klik disini

Berikut Tampilan TTS dan STT dalam bentuk video


Review Rumahbelajar.Id

Pada kesempatan ini saya akan mereview Konten kedua dari halaman rumahbelajar.id, yaitu tentang Buku Guru – Kelas 2 - Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat.
Pertama dalam konten ini memiliki kelebihan sudah tersedianya indikator pada setiap kompetensi dasar dalam setiap muatan mata pelajaran jadi sangat memudakan guru dalam membuat RPP dan mencari materi yang relevan dari sumber lain.

Indikator setiap KD dan tujuan pembelajaran sudah tersedia dan keduanya sudah saling terhubung dengan materi yang akan diajarkan dalam setiap pembelajaran.

Sudah tersedianya contoh penilaian dalam setiap akhir pembelajaran mulai dari penilaian sikap baik spiritual dan sosial, pengetahuan, maupun keterampilan.

Namun disetiap kelebihan ada beberapa hal yang akan saya kritisi tentang kekurangan dari konten yang saya kunjungi:
Pertama konten dalam Rumah Belajar masih menggunakan sumber atau buku lama sebelum revisi 2018, padahal untuk yang revisi 2018 sudah terpublish dan sudah digunakan untuk pembelajaran. sementara dalam konten tersebut masih menggunakan edisi 2014.

Yang kedua untuk sikap sosial masih masuk kedalam setiap muatan mata pelajaran padahal untuk edisi terbaru penilaian dan indikator sikap hanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti untuk sikap spiritual dan muatan PPKn untuk sikap sosial, namun dalam konten ini masuk kedalam semua muatan mapel.

Selanjutnya untuk penilaian masih menggunakan bobot 1-4, kemudian pedoman penskoran pada predikat dan klasifikasi masih format lama dengan ditentukan langsung dari pusat, padahal untuk yang revisi 2018 sudah menggunakan KKM satuan pendidikan untuk penskorannya dan untuk mengklasifikasian predikat dan klasifikasi penskoran.
Demikian review rumah belajar dari saya semoga bermanfaat. Wassalam. Terima Kasih.

Sumber Konten Materi ini bisa di klik disini 
Tampilan TTS dan STT bisa di klik disini

Berikut Tampilan review kedua dalam bentuk TTS dan STT dalam bentuk video

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Review konten Rumah Belajar"

 
Copyright © 23 Maret 2005 Laci Pak Guru
Back To Top