Manfaat Keberagaman di Rumah (Muatan PPKn Tema 7 Subtema 1)

Tidak hanya perbedaan kegemaran ataupun makanan kesukaan, di dalam keluarga juga terdapat perbedaan sifat dan kemampuan atau keterampilan. Perbedaan-perbedaan tersebut memiliki banyak manfaat. Keberagaman di rumah dapat membuat hidup lebih berwarna. Misalnya, karena perbedaan makanan kesukaan, di rumah ibu membuat beragam masakan. Di bawah ini contoh manfaat keberagaman di rumah.

  1. Dengan adanya keberagaman sifat dan karakter di rumah, setiap anggota keluarga dapat mengetahui dan memahami sifat setiap anggota keluarga. Dengan demikian tidak mudah terjadi kesalahpahaman.
  2. Adanya keberagaman dalam keluarga dapat mengembangkan sikap menghagai, menyayangi, dan menghormati perasaan orang lain. Misalkan sifat adik yang periang dapat menghibur ketika kakak bersedih. Dengan demikian kita dapat hidup rukun dalam keluarga yang harmonis.
  3. Perbedaan kemampuan dalam keluarga bermanfaat ketika kita bekerja sama. Misalnya, kerja sama ketika membersihkan rumah. Dengan demikian bekerja sama, kegiatan yang dilakukan menjadi lebih cepat selesai.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Keberagaman di Rumah (Muatan PPKn Tema 7 Subtema 1)"

 
Copyright © 23 Maret 2005 Laci Pak Guru
Back To Top