Menemukan Informasi dari Teks (Muatan Bahasa Indonesia Tema 7 Subtema 1)

Menemukan Informasi dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Negara Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. di antaranya adalah sumber daya alam berupa tumbuhan. Berbagai jenis tumbuhan dibudidayakan untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang bermanfaat, misalnya sebagai bagan makanan dan juga sebagai sumber energi. Produk-produk makanan itu dapat ditingkatkan manfaatnya dengan menggunakan teknologi yang disebut dengan teknologi pangan. Perkembangan teknologi pangan demikian pesarnya dan semakin memberikan manfaat bagi manusia.
Informasi tentang perkembangan produksi pangan dapat kita peroleh dari teks yang kita baca. Teks dapat berupa bacaan, gambar, atau tabel. Setelah kita membaca teks informasi, kita dapat menemukan informasinua dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang teks.

Hal-hal yang harus diperhatikan delam membaca teks adalah:

  1. Intonasi suara - Kalimat yang diakhiri dengan tanda titik (.), intonasi suara datar. Kalimat yang diakhiri dengan tanda baca tanya (?), intonasi suara menurun. Kalimat yang diakhiri dengan tanda seru (!), intonasi suara agak naik.
  2. Tanda Baca - Jika membaca bertemu tanda koma (,) maka pembaca berhenti sebentar lalu dilanjutkan kembali. Jika saat membaca bertemu tanda titik (.) maka pembaca berhenti, kemudian pembaca mulai membaca kalimat berikutnya.
  3. Suara lantang dan dapat didengar oleh orang lain dengan jelas.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menemukan Informasi dari Teks (Muatan Bahasa Indonesia Tema 7 Subtema 1)"

 
Copyright © 23 Maret 2005 Laci Pak Guru
Back To Top